Yf1rfC4r39u8F2WJkQXT40G2S2Dzpm1YHbdZ5zyD
Bookmark

APA ITU MEDITASI SESUNGGUHNYA

     

Add caption
       Bermacam-macam teknik meditasi yang ada dikembangkan didunia semuanya menuju pengajaran menuju sempurna lahir dan bathin, sesuai teks-teks ajaran suci yang ada secara mendetail ditempuh dengan berbagai kebijakan pengajaran, berbagai sutra yoga digunakan sebagai acuan dari pembelajaran teknik meditasi. disini saya wacanakan sesuai aturan umum apa itu meditasi ? dibali umumnya meditasi masih jarang dipelajari walaupun demikian ada sebagian kecil masyarakat mempelajarinya, meditasi yang diperdalam sesuai aturan lontar-lontar bali umumnya dengan tujuan membangun dan mengenali hukum-hukum dibuana alit, sesuai ajaran meru sarira (dharma kalepasan) pengajaran meditasi untuk sang pelajar mengenali lapisan demi lapisan dari pikiran, lapisan itu di kenal sebagai : sabda, bayu, idep, rasa, kapi, manah, angen, budhi.
       untuk masuki areal pikiran ini, seseorang hendaknya menyelaraskan diri sesuai astangga yang berlaku: yama, niyama, pranayama, pythara, darana, dhyana, meditasi, semadhi. sesuai wacana kita jelas sekali meditasi ada pada tangga ke 7 dari astangga jelas juga sesuai lapisan pikiran juga ada pada tahap angen (renunciation)
     sesuai wacana ini meditasi bukan sekedar asanas juga bukan sebuah sesuatu yang mudah , hingga dihimbau buat pelajar memiliki kesabaran yang umumnya disebut tiada berbatas. selaras dengan yama; "seseorang calon pelajar berusaha hidup selaras dengan hukum , baik hukum kitab suci maupun hukum yang berlaku dimanapun dia berada hingga dicapai lapisan sabda pada pikiran, sabda disini dimaksudkan berbicara halus sudah menjadi kebiasaan hidup dari seseorang, selanjutnya adalah niyama ; dalam tindakannya telah berusaha mengontrol segala prilaku tiada menyimpang dari hukum hingga dicapai lapisan bayu pada pikiran, bayu dimaksud adalah tindakan yang nyata sehari-hari selalu taat pada hukum.
       Selanjutnya ketahap pranayama ; belajar teknik pernapasan, kita jelaskan pranayama ada dua jalan katagori pasif dan katagori aktif keduanya dimengerti oelh mereka yang telah mendapat pengajaran dari para pengajar yoga (GURU). kejelasan dari pranayama yang benar tujuannya mencapai tahap IDEP, yang di maksud idep disini ketenangan pikiran cirinya pikiran telah dominan kecenderungannya berpikir positif.

       Selanjutnya ketahap pythara ; dalam tahapan ini seseorang umumnya bagi yang rajin belajar pranayama dan telah direstui GURU berlatih 2 jam perhari atas bingbingannya mencapai kesadaran membedakan suara hati negatif serta suara hati positif , arah pytahara yang sungguh-sungguh mencapai tahap RASA atau membedakan rasa suara hati yang pantas diikuti ataupun yang pantas dikontrol.

       Selanjutnya masuk ketahap DARANA ; makna sederhananya sebagai keadaan lelap tiada ingatan ketika melaksanakan ini, ingatan seolah pupus dari segala hal luar maupun hal dalam. tahapan ini seseorang telah masuk keareal KAPI suatu lapisan kesadaran pikiran yang kosong dari pengaruh luar dan dalam , seseorang hanya mendengar senandung bathin yang selaras dengan ajaran GURUnya.

       Seterusnya seseorang berlatih dengan kesabaran tak berbatas masuk keareal pelatihan DHYANA
sederhananya suatu keadaan seseorang mencapai kedamaian yang baru dihatinya yang melenyapkan kegundahan dalam hidup mereka, mereka telah menuju areal MANAH suatu areal kesadaran menerima sesuatu yang menyejukkan hati dari apa yang mereka pikirkan dan itu baru sebuah rasa yang tiada pernah didunia luar untuk dirasakan.

        Selanjutnya mereka masuk keareal MEDITASI sederhananya sebuah areal yang mulai kecerdasan berkembang jauh kedepan , mulai terpikirkan traya dari segala usaha mereka dan mereka disebut masuk kelapisan kesadaran ANGEN bahwa mimpi dan nyata itu adalah sama dalam pandangannya.

        selanjutnya masuk keareal SEMADHI suatu areal yang tiada terwakilkan dengan bahasa apapun yang pernah ada, adalah cahaya yang indah tiada terperikan semuanya terangkul dikeadaan itu dan mereka telah masuk keeadaan BUDHI PAKERTI YANG AGUNG

       semua cerita ini kita bisa menarik kesimpulannya bahwa MEDITASI adalah bagian luhur dari sebuah ajaran YOGA tiada mungkin dicapai dengan sembarang duduk ataupun sembarang belajar semoga artikel kecil ini bermanfaat untuk menambah wawasan tentang meditasi yaitu sebuah kebiasaan hidup yang selaras dengan hukum

salam maha suci


0

Post a Comment

mohon dukungannya