Yf1rfC4r39u8F2WJkQXT40G2S2Dzpm1YHbdZ5zyD
Bookmark

BHUANA ALIT=BHUANA AGUNG

MEREKA YANG PELAJAR MEREKA MENGERTI MAKNA SEBUAH GAMBAR
Add caption


suatu istilah yang sangat terkenal dikalangan masyrakat bali bahwa bhuana alit sama dengan bhuana agung  maknanya sederhana saja ketika saya pernah nanya sama tetua yang ada dibali yang ceritanya, apa saja yang ada dibhuana agung katanya juga ada di bhuana alit, dan saya semasa kecil pikirannya jadi aneh heheheh kirain mobil juga ada dalam perut saya hihihi itu sih dulu sekali semasih kelas-kelas SD , dulu tidak begitu minat dengarnya.

     Setelah dewasa ya umurnya aja, mudah-mudahan jiwanya juga telah dewasa, pernah saya baca buku uphanisad kalau ngak salah mudhaka upanisad, duhhhhh jauh deh ngak seperti hayalan waktu kecil, yang dimaksud sama itu ternyata zat pembangunnya juga energi yang ada dibadan, layaknya bumi mengandung magnetis , tahu- tahu tubuh juga sama
mengandung magnetis dan orang-orang yang spiritual banyak memberi nama , ada aura, ada kharisma, ya banyak pokonya.

      Tuhhh lucu kan sejauh ini kirain seperti hayalan kita, dan saya ceritain yang terpenting aja nih ada cerita lucu sekali masalah ini,  suatu hari saya bertemu orang tua  sebut saja demikian , dia nanya saja semaunya sama saya, nak kira-kira bagi kamu itu apa ya paling berharga, huuuuu  sembarang saja saya jawab , lah ....jelas dong pak UANG.  HEHEHE itukan biasa , wong jaman sekarang seperti itu.

       Tuh si tua senyum dan nanya pada saya, jika nanti kamu dewasa saat punya uang banyak ,kalau masih susah cara kakek ya nak nanti kakek akan ceritain saat kamu dah siap. hiiiii waktu kanak- kanak saya nyengir dibilangin seperti itu, nah sekarang ini ya umur saya duuuhhhh wayah seperti orang bali bilang, dan ternyata saya sendiri ngaku sekali, ada yang kurang rasanya dalam diri walau tangan ada uang buat beli sesuatu, hmmmmmm benar juga kata orang tua dulu itu bahwa ada yang lebih penting dari itu.

     Lama- lama saya mikir baikan ketemu pak tua itu , tapi.......dimana ya beliau, ..... rupanya saya masih ingat cuman rumahnya ngak tahu soalnya saya masih umuran 6 tahunan waktu itu
maunya sich.... ? nanya apa yang terpenting dalam hidup saya.
dicari-cari ngak ketemu pak tua itu, dulu sering beliau memberi saya sesuap nasi. dan........ ketika saya lelah habis kerja seharian, saya ketiduran , dipinggir sungai habis cari ikan dan belooom dapat,  persis nyata pak tua itu datang

     Nak berapa umurmu sekarang , saya jawab polos sudah 45 tahun pak, saya lesu menjawabnya, sedang yang saya heran pak tua itu , seolah sama wajah mukanya ketika saya bertemu beliau umur saya waktu itu 6 tahun , saya cuma bengong,  dia menggerutu seorang diri seolah, Nak bapak dulu pernah janji tuk memberitahumu hal terpenting dalam hidupmu, sekarang bapak jawab saja, yang sungguh-sungguh penting nak, hati dan pikiranmu, tiada lebih agung dari itu,
pelajarilah pengetahuan pembersihan hati, dan pelajrilah ilmu mengendalikan pikiran dimanapun itu berada kejarlah dengan dua pengetahuan itu kamu akan tersenyum menempuh hidup maupun mati, duhhhhhh langsung saya terperanjat bangun, kuyu , lelah ihhhh maaf saya bangun dari mimpi

sampai kini akhirnya terus saya mencari dan mencari harta sejati dari hidup adalah rahasia hati dan pikiran

hati seluas bumi ini, pikiran seluas kosong semesta rahasianya ada bersamaku dan bersamamu  dan apakah anda setuju tanpa hati dan pikiran apalah arti dari kekayaan itu sendiri.  

                                                                                   salam maha suci

Post a Comment

Post a Comment

mohon dukungannya