Yf1rfC4r39u8F2WJkQXT40G2S2Dzpm1YHbdZ5zyD
Bookmark

Tata titi pangilen rare wau kepus pungsed

Tata titi rare wau kepus pungsed


                                   TATA TITI PANGILEN RARE KEPUS PUNGSED

-                  Risampun puser sang rare kepus, karyanang upacara sane matujuan nyuciang genah suci/ pelinggih sawewengkon wates pekarangan.Pungsed sane sampun kepus bungkus antuk kasa, celepang ring tipat kukur dagingin anget-anget, raris gantung ring teben rarene sirep, sampunang genahange ring pelangkiran sumangdane rarene tan seringan nangis.
Upakaranya :
      -banten pebersihan mekadi
      - ring sanggah /merajan, pawon, genah sirep, sumur lan sane siyosan.
      - banten kumara mekadi :
      - ajuman putih kuning, jaja, biyu, raka-raka, kekiping, pisang mas, nyah-nyah geringsing, 
        Miyik-miyikan, guli, buah salak, keladi, sela kunyit.
-                    -     Banten tataban sang ibu
-                    -   Ajuman putih kuning asoroh.
-                    -    Banten nanem ari-ari
Nasi kepel 4, bawang jae, uyah areng, canang genten.
Upacara kepus pungsed pada intinya adalah upacara penyucian tempat beribadah dalam satu pekarangan dari rumah tempat tinggal, sumur, kamar mandi, dapur dan paling utama adalah tempat pemujaan/ pelingih-pelinggih/ merajaan.
Perawatan tali pusar :
-          Perawatan tali pusar sangat penting guna tetap menjaga mengasuh si bayi agar tetap sehat terhindar gangguan-gangguan yang sifatnya niskala.
-          Pusar si bayi di bungkus dengan kain kasa/kafan disertai bahan rempah-rempah ( cengkeh, mesui, jebug, arum, ketumbar ) sebagai pengawet agar tali pusar tidak membusuk, dimasukkan dalam kulit tipat kukur/kedis dan ditaruh digantung disisi bawah si bayi tidur, disaat yang bersamaan sang ibu sibayi baru boleh kedapur, kekamar mandi, dan disekeliling rumah, dan sejak itu pula sang ibu diperbolehkan makan makanan yang mengandung daging lauk pauk maupun buah-buahan dengan tetap memperhatikan kesehatan si bayi.
-          Secara agama/kepercayaan/keyakinan sejak saat itu si bayi ikut dipelihara oleh sang Hyang Kumara ( sebagai perwujudan Sang Hyang Siwa ) untuk menyuguhkan sesajen maka dibuatkan pelangkiran (tempat menaruh sesajen)  disamping atas si bayi tidur dengan sesaji yang disuguhkan
-          Meliputi :
-          Ajuman putih kuning, dengan ikan telur dadar, jaja kekiping, pisang mas, geti-geti nyah-nyah gula kelapa (nyah-nyah gringsing) serta canang burat wangi.
-          Suguhan sesajen untuk ibu si bayi.
-          Ajuman yang dilengkapi dengan ikan dan daging.
-          Ditempat nanam ari-ari disuguhkan pula :
-          Segehan kepel 4 tanding (4 warna putih, merah, kuning, dan hitam ) dengan lauknya garam, arang dan reracikan bawang jae.


yang berminat download artikel ini saya sediakan link via   onedrive
Demikian semoga semuanya bahagia

© Copyright ©
Post a Comment

Post a Comment

mohon dukungannya