Yf1rfC4r39u8F2WJkQXT40G2S2Dzpm1YHbdZ5zyD
Bookmark

Yoga dan maknanya


           Dalam ajaran bhagwad ghita  banyak disinggung tentang ajaran yoga bahkan Arjuna sendiri  diarahkan oleh Krisna untuk menjadi seorang yogi , dalam Bagawad Ghita pula diceritakan apa itu    yoga dan kebesaran pengetahuan itu, yang tertera pula tinggi rendahnya pengetahuan yang menyebar didunia, serta bagaimana jiwa-jiwa yang cocok mempelajarinya, dengan acuan itu berarti yoga adalah pengetahuan penting dalam sebuah kehidupan. Pengetahuan penting dalam mengarungi kehidupan
sesuai alur Bagawad Ghita tentulah rahasia kehidupan ada didalamnya yang mesti digali dengan sangat sunguh-sunguh serta ketelitian intuisi yang tajam dalam menelaahnya. Konsekwensi dari sebuah pengetahuan tentunya hanya disadari dan diketahui oleh  pelajar itu sendiri dan tiada mungkin dari akal intelek yang tidak mempelajarinya menyadari apa itu yoga sesungguhnya.

     Dalam konteks pendidikan akademis, Umumnya tentang ajaran yoga hanya diceritakan kepada siswa disekolah tentang teorinya, serta nama-nama ajaran yoga yang utama seperti Bhakti yoga, Karma yoga, Jnana yoga, Raja yoga diareal akademis yang setingkat  SD, SMP, SMU keempat ajaran ini disebut Catur Marga Yoga , dijelaskan disana bagaimana hubungan manusia dan Tuhan serta dengan manusia lainnya namun dalam pendalamannya kemudian kita masing-masing mencari sendiri-sendiri tentang ajaran ini dikehidupan kita demikian sekilas cerita yang kita alami. dijelaskan oleh guru-guru akademis tentang asal kata Yoga berasal dari bahasa sansekerta yaitu Yuj yang artinya hubungan atau berhubungan, dengan makna sangat sederhana itu saya memberi arti yang singkat saja tentang Yoga .

    Bhakti Yoga berasal dari dua kata, Bhakti dan yoga, Bhakti bermakna : sembah, menyembah, beri, memberi, cinta, yang dicintai, puja, yang dipuja. yoga bermakna berhubungan jadi Bhakti Yoga berarti : Berhubungan dengan yang di sembah, berhubungan dengan yang dipuja, berhubungan dengan yang dicintai, berhubungan dengan yang diberi, jadi ketika seseorang memuja Dewa atau Tuhan para pelajar Bhakti Yoga mengadakan hubungan dengan yang mereka sembah. hubungan itu tentu hanya dimengerti oleh mereka yang mempelajarinya demikian logika kita memahaminya.

    Selanjutnya Karma Yoga berasal pula dari dua kata, Karma dan Yoga, makna Karma : kewajiban, pekerjaan, yang dilakukan, yang dikerjakan, makna Yoga adalah berhubungan, jadi makna Karma Yoga menurut makna kata adalah seseorang bekerja untuk yang dia hubungi, hubungan itu tentu pula hanya dipahami bagi pelajar itu sendiri. saat yang tidak belajar mengapresiasi itu tentu akan lahir apresiasi tanpa konteks institusi yang memadai demikian yang dimaksud rahasia oleh Bhagawad Ghita

    Kemudian Jnana Yoga dari dua kata Jnana dan Yoga, makna jnana: pikiran, berpikir, renung, merenung, paham, memahami. makna Yoga : Hubungan, berhubungan jadi makna Jnana Yoga adalah seseorang yang pikirannya atau berpikir berhubungan dengan sesuatu (Tuhan), dan itulah rahasia yang disebutkan oleh Bhagawad Ghita, dan kembali yang bukan pelajarnya tiada mungkin menyadari ini dalam intelek yang sesungguhnya.

    Selanjutnya Raja Yoga juga dari dua kata, makna Raja : tinggi, berderajat tinggi, luhur, terluhur, maha luhur, makna Yoga : berhubungan, jadi Raja Yoga berarti berhubungan dengan yang luhur, ini juga adalah rahasia seperti yang di wacanakan oleh Bhagawad Ghita karena jelas hanya bisa disadari oleh pelajarnya tiada mungkin yang tidak belajar, melihat dari kenyatan makna kata seluruhnya berati segala pelajaran Yoga mengajari seseorang berhubungan dengan yang di puja, dicintai, pengabdian, dan untuk yang dipertuan dalam bathin pelajarnya.

   Seterusnya saya berani berwacana bahwa setiap pelajar Yoga tentunya mau meningkatkan daya hubungnya dengan yang dipuja oleh dirinya, kemudian tidak benar bahwa Yoga hanya gerak tubuh biasa, tetapi maksud yang dalam dan luar biasa karena disana ada sebuah hubungan Rahasia yang kita ketahui bila para pelajar-pelajar yoga itu memberi penjelasan  pada kita dan kita mencoba praktekkan baru kita sadari sebagaimana matematika kita praktekkan baru kita menyadari pentingnya sebuah pengetahuan dalam kalangan intelektual mungkin maksud saya bisa terpahami.

sampai disini dulu wacana kita hari ini tiada lupa mohon maaf bila ada kata yang ngak berkenan semoga bahagia semuanya salam hangat dari saya    SHRI





© Copyright ©
Post a Comment

Post a Comment

mohon dukungannya