Yf1rfC4r39u8F2WJkQXT40G2S2Dzpm1YHbdZ5zyD
Bookmark

Fondasi spiritual

                                                   Fondasi spiritual  

                 Meditasi Raja yoga amat berguna buat membangun fondasi spiritual seseorang 

1. Dalam kehidupan 

sehari hari dari setiap orang yang terus berkutat diantara semuanya adalah tumbuhnya pemikiran-pemikiran yang baru untuk menemukan cara hidup yang lebih baik dari sebelumnya. Ditemukan terus-menerus pemikiran maju dari setiap manusia dengan berbagai cara dan metode dalam hidup, meluaskan jangkauan pemikiran yang mendalam agar berani meyakini bisa mewujudkan pemikiran itu, kemajuan-kemajuan yang kita nikmati sekarang adalah buah dari pikiran-pikiran masa lalu, mungkin besok akan lahir pemikir-pemikir baru lagi yang menginspirasi kita semua akan cara hidup yang lebih mulia dari hari ini.

2. Diperlukan keberanian

keberanian berpikir yang mendalam serta keberanian-keberanian mengujudkannya untuk melahirkan pemikiran maju itu. Saat ini saya menuliskan salah satu fondasi penting dalam pembangunan karakter manusia didunia. Yaitu fondasi spiritual. Harta yang kita bawa dari lahir adalah tubuh dan segala perlengkapannya. Alat-alat yang amat penting dalam membangun pribadi menurut yang saya amati selama ini adalah alat-alat bathin (spirit) yang ada dalam diri setiap insan.

 3. Alat-alat itu 

ada walau jarang dipelajari dan disadari oleh kebanyakan orang, alat-alat itu : pikiran, perasaan, nafas, kemauan, cakra, saraf suci, di dalam ajaran-ajaran kitab suci yang banyak tersebar dibelahan bumi ada beberapa yang menuliskan hal ini walau tidak lengkap dan mendetail.saya sebagai praktisi yang mengalami langsung memberanikan diri menulis hal seperti ini hanya sebagai bentuk menyumbangkan pemikiran semoga kita dapat menemukan cara atau jalan hidup yang lebih berfondasi kokoh.

4. Adalah ajaran Panca yoga 

yang terdiri dari bhakti yoga, karma yoga , jnana yoga, raja yoga, kundalini yoga adalah ilmu yang amat baik untuk mendegradasi alam bawah sadar seseorang, selama mindset /alam bawah sadar manusia kebanyakan ingatan yang belum berguna selama itu seseorang cenderung lambat dalam menentukan perubahan cara hidup. Dengan latihan nafas yang terarur dan telah dibangkitkan cakra pribadinya, seseorang menjadi punya kesanggupan untuk memperbaiki alam bawah sadarnya sendiri, membebaskan belenggu diri dari pengalaman-pengalaman kesedihan,kekecewaan, kenestapaan, ketakutan atau trauma, bahkan kecacatan dalam sifat iri, dengki, dendam, akan berkurang dengan pranayama (nafas teratur).

5. Dalam tekhnik yang benar 

dan bimbingan guru yang telah berpengalam didalamnya ilmu yoga amat membangun manusia secara alamiah, tiada perlu terlalu banyak teori yang sering membuat pikiran tambah terbebani, yang amat uniknya perbaikan karakter ini mengarah langsung pada intinya adalah perubahan dalam diri seseorang yang memperaktekkannya.

6. Dengan nafas yang diarahkan 

dengan pikiran kedalam cakra pribadi akan mengikis perasaan perasaan yang terkandung dalam ingatan seseorang, jika perasaan perasaan dalam ingatan itu terkikis yang amat mengsankan daya ingat manusia akan pelajaran-pelajaran ilmu lebih meningkat dan dimensi pikiran akan berke4mbang seiring waktu. Manusia dalam hidup perlu energy, pranayama juga memnuhi keperluan ini, hingga kesehatan sedikit lebih baik disbanding mereka yang belum pelajari pengetahuan ini.

Seiring waktu dengan disiplin dan ketetapan hati dalam melatih diri seorang sadhaka akan menyadari sekali perkembangan energy yang ada dlam dirinya. Dan inilah mulai manusia membangun fondasi spiritual dalam dirinya. Dan berkembanglah mereka seiring waktu yang diberikan oleh kosmik atas hidup mereka, fondasi spiritual terbaik yang pernah saya amati adalah seseorang tekun mempelajari ilmu leluhur nusantara , YOGA , demgan ilmu ini juga manusia bisa mencapai intuisi terbaiknya serta hal penting sekali adalah superconsciousness semoga kemajuan kita dating dari segala penjuru. 

©Copyright ©
Post a Comment

Post a Comment

mohon dukungannya