Yf1rfC4r39u8F2WJkQXT40G2S2Dzpm1YHbdZ5zyD
Bookmark

NGERUWAK TANAH BEKAS SAWAH (CARIK)

http://www.mahasuci.com/p/blog-page_15.html
   
Tata krama ngeruwak karang tanah bekas sawah

     Semoga hari ini semua baik baik saja tiada    kekurangan apapapun Pada kesempatan ini saya mengunggah tulisan kecil tentang tata krama ngeruwak karang laad sawah. Sebelumnya mohon maaf yang sebesarnya pada para tetua seandainya ada kurang sudi menambahi ataupun ada lebih sudi mengurangi.

     Pada umumnya tata krama ini setiap daerah punya tata krama sendiri-sendiri menangani masalah ini, dan yang saya copas ini sesuai dengan apa yang saya alami sebagai pribadi serta menyelaraskan dengan teks-teks
Kitab suci yang ada dibali. Ada banyak kejadian dimasyarakat saat ada masalah dalam keluarga lalu bertanya dengan orang pintar mendapat jawaban tentang pemali sawah.

     Didalam teks sodasiwikrama ada disebutkan tentang pemali sawah, penyebabnya itu sesungguhnya pemrosesan  tanah sawah menjadi weidangan karang belum sempurna sesuai wejangan leluhur yang berlaku
Dalam teks siwagama mereka.

     Saya sendiri dulu semasih muda pernah mengalami hal seperti ini menimpa keluarga dan mengalami gangguan psikis pada anggota keluarga yang terkadang seperti tidak masuk akal, sampai pada akhirnya berusaha mempelajari masalahnya dan hasil dari pelajaran itu, setelah saya praktekkan pada karang saya ,hari ini saya bagikan pada teman-teman semua semoga bermanfaat.

Pertama

AYABAN AYABAN YANG DIPERLUKAN

1.   Suci 4, pejatian 4, sorohan 4, segeh agung 4,
Tetegenang lebeng matah 4 digunakan
 2 soroh dipakai untuk mepiuning ring Ida bhatara Cri
 Taler Ida sedahan carik
 2 soroh yang lainnya untuk dihaturkan dibedugul
 Sawah ketika prosess pengeluuran ( mengembalikan
 Energi beliau kembali kebedugul.
2.   Suci, pejatian, sorohan, segehan agung, tetegenang
Lebeng matah, siap pitik semululung, sesayut jagra satru pengeruwak, sesayut sapuh awu, tandingan ayaban pengeraksa.
3.  Ayaban pejatian, masegeh manca lima taler segeh putih kuning, tambah / cangkul yang diisi atau diikatkan sasat kategul antuk benag tebus.
4.  Sediakan alat-alat sawah (menyerupai saja dibuat kecil-keci atau cirikan saja), semua diisi sasat alat-alatnya : cangkul, serampang,penampadan,tengala, uga, lampit, gabag, pemlasahan, gelinding, anggapan, arit,  layangan, capil kukusan.
5.  Ayaban pengerapuhan: suci, pejatian, sorohan, sesayut sapuh awu, segeh agung, tetegenang lebeng matah, don dap-dap tis 5 bidang, canang 5  bidang , dupa 5 katih.
6.  Daksina linggih kekalih (putih ambed kuning maka linggih bhatara cri ring sorne kedagingin jijih, poleng ambed poleng ring sorne kedagingin bangket)
Suang-suang daksina ketatakin antuk wadah anyar (sukla)

Ngelantur dudonan pemargi :
1  1.  Dane mepaileh ngarga
    2.  Dane mepaileh mamuja pebersihan.
    3.  Dane mapaileh mamuja pengraksa.
    4.  Dane mapaileh mamuja ngeluurang bhatara cri lan ida sedahan.
    5.  Dane mapaileh mamuja nadiang abian taler ngeluurang abian            mewali manadi karang.
    6.  Dane mapaileh mamuja pengerapuhan.
    7.  Dane mapaileh mamuja caru brumbun

Risampun punika wau kasengguh telas karyan ipun
Semoga artikel ini beguna dan bermanfaat buat para sahabat bila ada yang belum dipahami silahkan bertanya lewat kolom konsultasi

Salam maha suci
Post a Comment

Post a Comment

mohon dukungannya